Blog Bacadisini menyediakan Mengenai Al Quran Dan Doa Doa. Ayat Kursi, Asmaul Husna, Surat Yasin,Kata Kata, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Bijak, Kata Kata Cinta, Puisi Cinta, Pantun Cinta,Cara Membuat, Kesehatan, Cara Menghilangkan Jerawat, Contoh Surat, Contoh Surat Lamaran Kerja, Contoh Proposal, Kata Kata Terbaru Tahun2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru 2016

Advertisement
Contoh Surat Lamaran Kerja  - Kerja merupakan sesuatu yang dikeluarkan oleh seseorang sebagai profesi, sengaja dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Kerja dapat juga di artikan sebagai pengeluaran energi untuk kegiatan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Dr. Franz Von Magnis di dalam Anogara (2009 : 11), pekerjaan adalah “kegiatan yang direncanakan”. Sedangkan Hegel di dalam Anogara (2009 : 12) menambahkan bahwa “inti pekerjaan adalah kesadaran manusia”.

Namun perlu kita kaji Pekerjaan adalah satu hal yang sangat fundamental bagi setiap orang karena pastinya sebagai manusia kita sangat membutuhkan biaya atau uang. oleh Karena itu jika kita tak mempunyai uang atau biaya sama sekali untuk menghidupi diri, kita bisa mati karena tak mampu untuk membeli berbagai kebutuhan hidup, seperti makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan pelengkap seperti TV, sepatu, tas, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan uang demi membiayai hidup, kita harus bekerja, entah itu kerja di bawah naungan sebuah perusahaan atau dengan membuka usaha milik sendiri atau disebut juga pengusaha. Namun Kebanyakan orang saat ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan, karena kurang mempunyai kemauan, tidak mau mengambil resiko, atau bisa juga dikarenakan tidak memiliki keahlian khusus. 
Namun seiring dengan perkembang zaman, sekarang untuk melamar kerja diwajibkan untuk membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Dalam membuat surat lamaran kerja tidaklah mudah seperti membuat surat biasa. Pembuatan surat lamaran kerja ada tata cara tersendiri, dan kita wajib tahu sebelum menulis surat lamaran seperti format dan juga syarat dalam penulisan surat tersebut, agar kita bisa diterima untuk masuk kerja pada perusahaan yang kita inginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja suatu saat pasti anda butuhkan dimana anda akan mulai lulus sekolah dan langsung bekerja atau sudah lulus kuliah ingin melamar ke PT BUMN atau Swasta maka surat ketersediaan untuk bekerja dengan melaksanakan tanggung jawab akan anda lakukan melalui sepucuk surat di mana akan diberikan materai yang akan mengikat kedua belah pihak. Surat lamaran kerja merupakan awal dimana anda akan menunjukan keseriusan anda dalam melamar sebuah pekerjaan dan bisanya juga akan di lampirkan bersama Curiculum Vitae .
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran

Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan Tips seperti di bawah ini :

1. Pergunakan Bahasa yang Baik dan Benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

2. Tulislah Dengan Kalimat yang Sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan Menulis Manual dengan Rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.

4. Siapkan dan Lengkapi Syarat - Syarat dari Perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan 

5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda.

Tapi Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu : 
  • Bagian pembuka 
  • Bagian isi atau uraian
  • Bagian penutup
1. Bagian Pembuka

Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )

2. Isi atau Uraian

Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.

3. Penutup
Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.

Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas. Oleh karena itu agar lebih mudah membuatnya, Anda perlu memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah ini dan lakukan latihan terlebih dahulu hingga berhasil menulisnya dengan baik dan benar.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) - Pendahuluan


Format Contoh Surat Lamaran Kerja

Tasikmalaya, …

Hal : …Lamp. : …

Yth,(Nama Perusahaan Yang Dituju)(Alamat Perusahaan)(Kota Perusahaan)

Dengan hormat,Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : ………………………………..Tempat & Tgl. Lahir : ……………Jenis Kelamin : …………………….Status Pernikahan : ………………Pendidikan Terakhir : …………..No. Telp / HP : ……………………..Almat : ………………………………..

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja pada PT. (Nama Perusahaan) untuk menjadi karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :Daftar Riwayat HidupFoto Copy Ijazah terakhirFoto Copy Kartu Tanda PendudukPas Photo terbaru
Besar harapan saya, untuk dapat diterima dan bergabung dalam PT. (Nama Perusahaan) yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

( Nama Terang )

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,Bpk / Ibu Personalia
PT. Dandy CraftJl. Panembong Rajapolah No 078Tasikamalaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Dandy Craft yang saya dapatkan dari Teman seperjuan pada tanggal 10 Juni 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Adversing dengan kode (AD) di perusahaan PT. Dandy Craft.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama : Joni IskandarTempat / tgl. lahir : Tasikamalaya, 07 September 1990Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen InformatikaAlamat : Jl sindangraja jamanis No 128Telepon (HP) : 085223567009Status : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :1. Daftar Riwayat Hidup2. Foto copy ijazah S13. Foto copy transkrip nilai4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan5. Pas photo yang terbaruKesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Joni Iskandar

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Yang Baik dan Benar

Kepada:
Yth.Bapak Menteri Departemen Hukum dan HAM RI
di Jakarta

Dengan Hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Dindan Sidqia
Tempat & Tgl. Lahir : Tasikmalaya, 10 November 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : S1 Hukum
Alamat : JJl sindangraja jamanis No 128 Tasikamalaya
No. Telp / HP : 085223567009


Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk dapat menerima saya sebagai Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) di wilayah hukum Republik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut :

1.Foto Copy Ijasah Terakhir S1 legalisir
2.Foto Copy Sertifikat computer
3.Foto Copy KTP
4.Foto Copy Akte Kelahiran
5.Foto Copy SKCK
6.Foto Copy Kartu Keluarga
7.Foto Copy kartu kuning
8.Pas photo berwarna dengan ukuran 4×6

Demikianlah permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan HAM. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,


Dindan Sidqia

Contoh Surat Lamaran Kerja SMA Yang Baik dan Benar

Tasikmalaya, 10 Juni 2016
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Jarijari Digitar Jaya
Jl. Merpati Putih  No. 128, Tasikamalaya

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerjaa di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Naila Shakila Khaerani
Tempat/Tanggal Lahir : Tasikamalaya, 10 Agustus 1991
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan : SMK Farmasi  Tasikamalaya
Alamat : Jl. Jamanis No. 128 RT/RW 001/008
Telepon : 085223654007


Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

Foto Ukuran 3x4
Foto copy KTP Bandung.
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy Ijazah Terakhir.
Foto copy SKHUN.
Foto copy Sertifikat Competensi.
Foto copy Sertifikat PKL.
Foto copy Surat Keterangan Refrensi.
Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,
Naila Shakila Khaerani
Nah sangat mudah bukan cara membuat surat lamaran kerja. Dan memang sangat sederhana formatnya seperti itu saja dimana yang terpenting adalah data yang anda masukan benar dan tidak dibuat buat karena ketika anda sudah resmi diterima nanti, supaya data yang anda kirim bisa di pertanggung jawabkan.

Demikianlah Informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang mana contoh  Diatas adalah contoh surat lamaran kerja yang biasa digunakan kebanyakan orang untuk melamar suatu pekerjaan. Dengan adanya contoh diatas semoga bisa menjadi refrensi buat anda yang sedang membutuhkan. Terimakasih Atas Kunjungan , Good Lock !!
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top